Selasa, 11 Agustus 2015

JAVASCRIPT

Cara Penulisan Perintah Break

Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contoh cara penulisan perintah break dalam perulanganFOR:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
<script>
var i;                                   
for (i=1;i<=10;i++)
{
   console.log("Perulangan ke - " + i);
   if (i==7)
   {
   break;
   }
}
</script>
Contoh Penggunaan perintah Break dalam Perulangan JavaScriptDalam contoh diatas, kondisi if (i==7) break akan menyebabkan perulangan FOR hanya berjalan sampai perulangan ke-7, setelah itu perulangan akan berhenti secara ‘prematur’.

Fungsi Perintah Continue dalam Perulangan JavaScript

Jika perintah break jika digunakan untuk ‘menghentikan paksa’ proses perulangan yang berlangsung, perintah continue hanya akan menghentikan perulangan yang saat ini terjadi (1 iterasi saja), dan kemudian melanjutkan perulangan iterasi berikutnya, atau bisa disebut juga untuk ‘melewati’ 1 perulangan.
Sama seperti perintah break ,continue biasanya digunakan setelah kondisi IF yang digunakan untuk menyeleksi ‘kapan’ perulangan harus di-skip atau dilewati.

Cara Penulisan Perintah Continue

Berikut adalah contoh program penggunaan perintah Continue dalam perulangan FOR:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
<script>
var i;
for (i=1;i<=10;i++)
{                             
   if (i==7)
   {
      continue;
   }
   console.log("Perulangan ke - " + i);
}
</script>
Contoh Penggunaan perintah Continue dalam Perulangan JavaScriptDari contoh di atas, perintah if (i==7) akan meyeleksi perulangan. Pada saat variabel counter i sama dengan 7, maka continue. Perintah continue menyebabkan fungsi console.log yang berada dibawahnya untuk di-’lewati’ dan perulangan akan lanjut ke i=8. Dari hasil program dapat dilihat bahwa “Perulangan ke- 7” tidak akan ditampilkan.
Perintah break dan continue yang kita bahas dalam tutorial kali ini sering digunakan dalam pemograman. Dalam tutorial selanjutnya, kita akan membahas tipe data Array di dalam JavaScript.
PENGERTIAN JAVASCRIPT
JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah webpopuler seperti Internet Explorer (IE), Mozilla FirefoxNetscape danOperaKode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman webmenggunakan tag SCRIPT.[3]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar